Fun n Get It from
Sosmed
Facebook?
Path? Instagram? Twitter? Geogle+? BBM? WA? Line? Ga asing kan dengan sosmed
tsb, dan tentunya masih banyak social media lain yang tak terhitung aneka
ragamnya.
Siapa
pembaca disini yang ga punya sosmed? Pasti semua punya kan? Minimal satu dari
sekian pasti punya ya?
Kenapa
social media begitu dominan, karena perubahan era digitalisasi yang begitu
cepat secara tidak langsung membentuk habit baru pada diri kita.
5 Perubahan yang
bisa kita lihat sbb:
- Rata-rata setiap 5 menit sekali kita check hp, apakah ada notifikasi yang masuk dari sosmed yang kita miliki
- Kecenderungan kita menjadi “autis” meskipun sedang berkumpul bersama, karena sibuk dengan gadget masing”.
- Dari anak kecil hingga dewasa memilih smartphone
- Mencari referensi segala sesuatu dari dunia maya / social media
- Menghabiskan waktu berjam” untuk berkencan dengan hp
Sekarang
coba deh survey kecil”an informasi apa sih yang dicari melalui internet, atau
mbah geogle? Ini nih 5 hal yang paling sering dicari
- News / gosip
- Kuliner
- Obyek wisata
- Fashion (pakaian, sepatu, tas dll)
- Info produk terbaru
Kalau gitu, kenapa bisnis Anda
tidak masuk ke sosmed? Jangan biarkan
sosmed Anda hanya untuk kesenangan. Apa yang bisa Anda dapatkan?
- ü Network
Berapa banyak pertemanan, like, follow, mengindikasikan
seberapa banyak network yang kita miliki, meski banyak yang mendapatkan jumlah
di atas dengan cara instan. Tentunya dengan sosial media kita bisa menemukan
teman lama ataupun menambah teman baru / network yang bisa kita dapatkan dari
mana saja, dan bisa berpotensi menjadi teman bisnis.
Jangan lupa, artinya disini kita buka alternative sosmed
sebagai media komunikasi.
- ü Promosi – prospek
Dengan banyaknya network artinya semakin banyak yang bisa
menjadi target prospek dari bisnis kita, bisa dikatakan hubungannya berbanding
lurus. Semakin banyak network semakin banyak calon prospek yang didapatkan.
Sosmed menjadi media promosi dari produk / jasa kita.
Contoh, jika kita melakukan check in di suatu tempat
Status “saya merasa senang, beli motor dapat diskon, di dealer
Mawar”
----> pertemanan/follower/like jadi tahu
ada tempat yang namanya Dealer Mawar
----> pertemanan/follower/like jadi tahu
bahwa beli motor di dealer Mawar dapat diskon
---->> promosi dealer, promosi
aktivitas
- ü Get income
Berpenghasilan dari sosial media juga menjadi salah satu
keuntungan dari sosial media. Banyak
online shop yang bisa menghasilkan uang dari Internet
melalui facebook / sosmed lainnya. Terkadang juga beberapa toko online
memanfaatkan facebook atau twitter untuk mengembangkan toko online mereka untuk
branding.
Contoh, jika ada yang iseng” bertanya tentang produk
----> indikator orang tsb tertarik dengan
produk / jasa kita
----> Peluang menjadi prospek
---->> Peluang tambah income
- ü Peluang mengembangkan bisnis
Apapun masukan atau feedback yang ditulis netizen di sosmed
kita merupakan bahan perbaikan untuk bisnis kita. Jangan hanya focus pada hal
positif yang didapat, tapi justru kita bisa dapat dari banyak hal dari hal
negative.
Contoh : jika ada yang membuat status dan account kita di tag
“Servis di @Ahass Dahlia menunggunya lama, antrian tidak
jelas, eh ga dapat minum lagi”
----> Indikasi konsumen tsb sayang dengan bisnis kita
sehingga diharapkan bisa lebih baik
----> Bahan perbaikan untuk system antrian
----> Bahan perbaikan untuk fasilitas ruang tunggu
---->> Beri respon positip pada status : Ucapkan terima
kasih atas feedback, dan jadikan itu bahan perbaikan bisnis Anda
Mudah kan? Ikuti perkembangan yang ada, jadikan sosmed sebagai
media komunikasi dengan netizen dan alat
promosi kita, dapatkan hasilnya.
- twk -
Komentar
Posting Komentar