Fun n Get It from Sosmed



Fun n Get It from Sosmed



Facebook? Path? Instagram? Twitter? Geogle+? BBM? WA? Line? Ga asing kan dengan sosmed tsb, dan tentunya masih banyak social media lain yang tak terhitung aneka ragamnya.

Siapa pembaca disini yang ga punya sosmed? Pasti semua punya kan? Minimal satu dari sekian pasti punya ya?

Kenapa social media begitu dominan, karena perubahan era digitalisasi yang begitu cepat secara tidak langsung membentuk habit baru pada diri kita. 

5 Perubahan yang bisa kita lihat sbb:

  • Rata-rata setiap 5 menit sekali kita check hp, apakah ada notifikasi yang masuk dari sosmed yang kita miliki
  • Kecenderungan kita menjadi “autis” meskipun sedang berkumpul bersama, karena sibuk dengan gadget masing”.
  • Dari anak kecil hingga dewasa memilih smartphone
  • Mencari referensi segala sesuatu dari dunia maya / social media
  • Menghabiskan waktu berjam” untuk berkencan dengan hp

Sekarang coba deh survey kecil”an informasi apa sih yang dicari melalui internet, atau mbah geogle? Ini nih 5 hal yang paling sering dicari

  •  News / gosip
  • Kuliner
  • Obyek wisata
  • Fashion (pakaian, sepatu, tas dll)
  • Info produk terbaru

Kalau gitu, kenapa bisnis Anda tidak masuk ke sosmed?  Jangan biarkan sosmed Anda hanya untuk kesenangan. Apa yang bisa Anda dapatkan?

  • ü  Network

Berapa banyak pertemanan, like, follow, mengindikasikan seberapa banyak network yang kita miliki, meski banyak yang mendapatkan jumlah di atas dengan cara instan. Tentunya dengan sosial media kita bisa menemukan teman lama ataupun menambah teman baru / network yang bisa kita dapatkan dari mana saja, dan bisa berpotensi menjadi teman bisnis.

Jangan lupa, artinya disini kita buka alternative sosmed sebagai media komunikasi.



  • ü  Promosi – prospek

Dengan banyaknya network artinya semakin banyak yang bisa menjadi target prospek dari bisnis kita, bisa dikatakan hubungannya berbanding lurus. Semakin banyak network semakin banyak calon prospek yang didapatkan.

Sosmed menjadi media promosi dari produk / jasa kita.

Contoh, jika kita melakukan check in di suatu tempat

Status “saya merasa senang, beli motor dapat diskon, di dealer Mawar”

----> pertemanan/follower/like jadi tahu ada tempat yang namanya Dealer Mawar

----> pertemanan/follower/like jadi tahu bahwa beli motor di dealer Mawar dapat diskon

---->> promosi dealer, promosi aktivitas

  • ü  Get income

Berpenghasilan dari sosial media juga menjadi salah satu keuntungan dari sosial media. Banyak  online shop yang bisa menghasilkan uang dari Internet melalui facebook / sosmed lainnya. Terkadang juga beberapa toko online memanfaatkan facebook atau twitter untuk mengembangkan toko online mereka untuk branding.

Contoh, jika ada yang iseng” bertanya tentang produk

----> indikator orang tsb tertarik dengan produk / jasa kita

----> Peluang menjadi prospek

---->> Peluang tambah income

  • ü  Peluang mengembangkan bisnis

Apapun masukan atau feedback yang ditulis netizen di sosmed kita merupakan bahan perbaikan untuk bisnis kita. Jangan hanya focus pada hal positif yang didapat, tapi justru kita bisa dapat dari banyak hal dari hal negative.

Contoh : jika ada yang membuat status dan account kita di tag

“Servis di @Ahass Dahlia menunggunya lama, antrian tidak jelas, eh ga dapat minum lagi”

----> Indikasi konsumen tsb sayang dengan bisnis kita sehingga diharapkan bisa lebih baik

----> Bahan perbaikan untuk system antrian

----> Bahan perbaikan untuk fasilitas ruang tunggu

---->> Beri respon positip pada status : Ucapkan terima kasih atas feedback, dan jadikan itu bahan perbaikan bisnis Anda



Mudah kan? Ikuti perkembangan yang ada, jadikan sosmed sebagai media komunikasi dengan netizen dan  alat promosi kita, dapatkan hasilnya.

- twk -

Komentar